Pages

FAEDAH-FAEDAH MATAN KITAB TAUHID

๐ŸŒด๐ŸŒด FAEDAH-FAEDAH MATAN KITAB TAUHID๐ŸŒด๐ŸŒด 


☀️----------------------------☀️

{ูˆَุงุนْุจُุฏُูˆุง ุงู„ู„ّู‡َ ูˆَู„َุง ุชُุดْุฑِูƒُูˆุง ุจِู‡ِ ุดَูŠْุฆًุง} [ุงู„ู†ุณุงุก: ูฃูฆ] ุงู„ุขูŠุฉ

๐Ÿ”Ž_ "Dan beribadahlah kalian kepada Allah serta janganlah mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun." [An Nisรข: 36]

๐Ÿ”ญ ๐Ÿ”ฅ  Syirik adalah menyamakan selain Allah dengan Allah dalam hal-hal yang menjadi kekhususan-Nya. 


⚖ MAKNA AYAT SECARA GLOBAL :
—————————————————————

๐ŸŒป Allah ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุชุนุงู„ู‰ memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk beribadah kepada-Nya semata dan melarang mereka berbuat syirik. 

๐ŸŒท Allah tidak menyebutkan satu macam tertentu dari macam-macam ibadah, seperti salat, doa atau yang lainnya, sehingga perintah ini berlaku umum untuk segala macam ibadah. 

๐ŸŒต Allah juga tidak menyebutkan satu macam tertentu dari macam-macam kesyirikan sehingga pelarangan ini pun meliputi segala jenis kesyirikan."


๐Ÿน FAEDAH AYAT :
————————————

✅  1. Wajibnya mengesakan Allah dalam beribadah sebagai kewajiban yang paling diutamakan. Karena hal itulah yang pertama kali Allah perintahkan dalam ayat ini (padahal terdapat kewajiban-kewajiban lain yang Allah sebutkan dalam ayat). 

✅  2. Menjauhi kesyirikan merupakan syarat sah ibadah. Karena Allah mengaitkan perintah untuk beribadah dengan pelarangan berbuat syirik. 

✅  3. Haramnya kesyirikan, besar maupun kecil, sedikit maupun banyak. Karena kata {ุดَูŠْุฆًุง} (sesuatu) secara ilmu bahasa Arab berbentuk nakirah dan berada dalam konteks pelarangan sehingga mencakup semuanya.

✅  4. Tidak boleh menyekutukan Allah dalam beribadah (seperti doa, istighatsah, menyembelih dan selainnya) dengan apapun dan siapapun, baik malaikat, seorang nabi, orang saleh, patung maupun yang lainnya. Karena kata {ุดَูŠْุฆًุง} (sesuatu) berlaku umum.

๐Ÿ“š  Pustaka acuan: al Mulakhkhash fรฎ Syarhi Kitรขbit Tauhรฎd, hal. 15, karya asy Syaikh Shรขlih bin Fauzรขn al Fauzรขn ุญูุธู‡ ุงู„ู„ู‡ ุชุนุงู„ู‰


๐Ÿ“Ž๐Ÿ“Ž๐Ÿ“Ž๐Ÿ“Ž๐Ÿ“Ž๐Ÿ“Ž๐Ÿ“Ž๐Ÿ“Ž๐Ÿ“Ž๐Ÿ“Ž๐Ÿ“Ž

✍ WA  KITA๐ŸŒSATU
✳️  TELEGRAM: http://telegram.me/KajianIslamTemanggung
forwarded : https://telegram.me/salafycirebon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar